MANGGIS DESA KALAPAGENEP

Desa Kalapagenep merupakan daerah pegunungan dan dataran rendah, hampir 90% masarakat Desa Kalapagenep berkebun dan bercocok tanam. Hasil kebun yang melimpah menjadikan Desa Kalapagenep selalu kebanjiran buah-buahan hasil bumi yang di tanam dari kebun masarakat setempat. salah satunya buah yang sekarang lagi musim yaitu Manggis.

Pohon manggis begitu banyak di tanam di kebun-kebun masarakat. Dan untuk waktu sekarang semuanya sedang berbuah. Yang otomatis pada saat panen pun selalu bersaan, yang mengakibatkan Buah Manggis selalu murah dalam hal penjualannya.

BUMDes Kalapagenep pun tidak diam diri begitu saja, BUMDes anak pantai yang di ketua oleh Bapak Dida mulyana mencoba untuk menampung seluruh manggis yang di dapat dari kebun-kebun masarakat untuk selanjutnya dijual ke Kota dengan haraga yang lebih memadai dan lebih bernilai. Karna biasanya pada saat musim panen hargga manggis masarakat hanya bisa menjual manggis nya 1 Rp. 4000/Kg Dari harga normal di pasar sekitar Rp.10.000.

Mudah-mudahan dengan ada inisiatif seperti itu dari BUMDes menambah kesemangatan masarakat dalam hal pemeliharaan lingkungan sekaligus peningakatan terhadap Buah lokal.

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan